Selamat Datang Semoga Bermanfaat...Mhsim17.Blongspot.com

Berpakaian Untuk Shalat

Share |

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.( AL-A”Raaf :26)

Perintah Allah SWT untuk menutup aurat sudah jelas harus dilaksanakan oleh setiap muslim dan muslimah baik itu dalam keseharianya, apalagi untuk beribadah shalat yang intinya adalah untuk berdialog dan ber hadapan langsung dengan Allah, sudah seharusnya kita berpakaian yang baik dan sopan sesuai etika agama

Hadits:
Jagalah auratmu kecuali terhadap isterimu atau budak wanita yang kamu miliki. Aku bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana kalau dia sedang sendirian?" Nabi Saw menjawab, "Allah lebih berhak (patut) kamu malui." (HR. Bukhari)


Namun ternyata masih banyak orang yang melaksanakan shalat dengan berpakaian asal asalan apa adanya tanpa memikirka etika, Shalat hanya dengan memakai kaos oblong, pakaian yang bergambar dan tulisan yang mana tanpa sadar dapat menggangu konsentrasi jama’ah yang ada dibelakangnya.

Secara logika bila kita ingin menghadap seorang pejabat, atau orang yang terhormat, maka kita akan berpakaian bersih, sopan dan mungkin pilih yang paling bagus dan terbaik. Shalat akan Menghadap Allah SWT, penguasa jagat raya, yang dihormati, dipatuhi oleh segenap mahluk yang ada….Kenapa kita berpakaian asal-asalan. Sudah sepantasnya dan harusnya kita berpakaian yang terbaik untuk kita gunakan dalam shalat.


Firman Allah SWT.

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. ( Q.S.Al-A’Raaf: 31)

Jilbab Wanita:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.( Q.S.Al-Ahzab : 59)

Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Silahkan Tulis komentar di sini :

Terimakasih jika anda berkenan memberikan saran...