Selamat Datang Semoga Bermanfaat...Mhsim17.Blongspot.com

Istri yang Solehah

Share |

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ
Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada ( QS. An Nisaa’ ayat ; 34 )

Hadits

Sesungguhnya dunia seluruhnya adalah benda (perhiasan) dan sebaik-baik benda (perhiasan) adalah wanita (isteri) yang sholehah. (HR. Muslim)

Istri yang Solehah menjadi panutan semua wanita, adapun tanda tanda istri yang solehah adalah, wanita yang patuh terhadap Agama, taat kepada kedua orang tua dan patuh melaksanakan segala perintah suaminya.

Sanggup menjaga seluruh harta di rumah yang merupakan hasil keringat suaminya dan terutama harus mampu menjaga kehormatan dirinya disaat suami tidak dirumah. Ketika suami dirumah harus mampu memberikan pelayanan yang cukup.

Ciri ciri wanita Solehah……


1. Dapat menjaga kehormatan diri dan keluarganya.

Kehormatan amatlah penting dan harus dijaga semaksimal mungkin bagi wanita solehah, adapun kehormatan yang harus dijaga meliputi cara berbusana yang baik dan islami, tentunya dengan menutup rapat rapat aurantnya takala keluar rumah, dan berhias dengan rias bila suami di rumah. Hal ini perlu diterapkan dalam rumah tangga, karena banyak kini wanita yang ssalah kaprah, Repsepsi, ke pasar, bertetangga berhias rapi dan bagus, tapi bila di rumah dengan suami pakaian ala kadarnya.


Hadits :

Menjaga harta suami termasuk menjaga kehormatan rumah tangga karena kewajiban wanita adalah menjaga harta tersebut saat suami tidak ada di rumah. Istri tidak boleh memberikan harta tersebut kepada orang lain tanpa izin suami, jika itu dilakukan maka perbuatan tersebut termasuk pencurian.

Rasulullah Saw melarang kami memasuki rumah wanita yang suaminya sedang tidak ada di rumah (sedang ke luar atau bepergian). (HR. Ahmad)

Tidak dibenarkan seorang wanita memberikan kepada orang lain dari harta suaminya kecuali dengan ijin suaminya. (HR. Ahmad)

2. Selalu Bersyukur atas pemberian dari suami.

Selalu bersyukur atas segala pemberian suami adalah hal yang patut dan harus dilaksanakan oleh seorang istri karena merupakan perintah Allah.

Hadits :
Allah Swt kelak tidak akan memandang (memperhatikan) seorang wanita yang tidak bersyukur kepada suaminya meskipun selamanya dia membutuhkan suaminya. (HR. Al Hakim)

3. Patuh dan taat melaksanakan perintahnya.

Melaksanakan segala perintahnya adalah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap istri, tentunya dalam hal kebaikan dan tidak dilarang agama.

Hadits :

Hak suami atas isteri ialah tidak menjauhi tempat tidur suami dan memperlakukannya dengan benar dan jujur, mentaati perintahnya dan tidak ke luar (meninggalkan) rumah kecuali dengan ijin suaminya, tidak memasukkan ke rumahnya orang-orang yang tidak disukai suaminya.
(HR. Ath-Thabrani )

Banten Januari 2011
www.mhsim17.blogspot.com


Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Silahkan Tulis komentar di sini :

Terimakasih jika anda berkenan memberikan saran...

Post a Comment