Selamat Datang Semoga Bermanfaat...Mhsim17.Blongspot.com

Membaca Al-Qur’an atau bertadarus

Share |

Membaca Al-Quran serta memahami maksud dan makna yang terkandung lalu mengamalkanya untuk kehidupan pribadi, keluarga maupun dimasyarakat bukan hanya dalam bulan ramadhan saja tapi hendaknya dilaksanakan dalam keseharianya.

Pada bulan ramadhan kita tingkatkan untuk mengkaji dan mempelajari serta memahimi kandungannya untuk meningkatka amaliah sebagai nilai tambah untuk mencari ridha Allah, karena pada bulan ramadhan Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk yang membedakan antara yang salah dan yang benar sebagai mana firman-Nya :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai PETUNJUK bagi manusia dan penjelasanpenjelasan mengenai PETUNJUK itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). ( Q.S.Al Baqarah : 185)

إِنَّهُ لَقُرْآنٌ كَرِيمٌفِي كِتَابٍ مَكْنُونٍلا يَمَسُّهُ إِلا الْمُطَهَّرُونَ
Sesungguhnya Al-Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. ( q.s.Al-Waqiah :77,78,79) 

Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pembeda antara yang Hak dan yang Batil

Al-Qur’an sebagai petunjuk bukan saja untuk orang orang yang tersesat, tetapi juga untuk semua umat manusia agar mereka tidak tersesat, kalau tidak membaca dan memahami Al-Qur’an bagai mana kita dapat mengetahui arah hidup kita yang benar yang sesuai dengan yang Allah telah tetapkan, lalu bagaimana kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah ?

Agar kita hidup benar sesuai aturan yang Allah telah tetapkan sehingga kita mendapat ridha-Nya maka kita harus ikuti segala aturan yang ada dalam Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk .

Saudaraku sekalian……….. Bila kita membeli alat elektronik, maka akan disertakan buku petunjuk sebagai panduan pengguna yang diberikan dari pabrik agar alat eletronik yang kita beli dapat tahan lama dan awet.

Misalnya pesawat TV, dalam buku panduan diharuskan kita pakai aliran listrik 220 Volt, jika kita gunakan arus 110 volt maka tidak dapat hidup. Jika kita gunakan arus yang lebih dari 220 volt maka dijamin TV akan meledak dan rusak karena tidak sesuai dengan petunjuk yang ada dalam buku panduan.

Begitu pula dengan manusia, ketika lahir kemuka bumi Allah sertakan buku petunjuk-Nya sebagai panduan hidup yaitu Al-Qur’an. Bila kita pelajari lalu memahami dan kita ikuti petunjuk tersebut ( Al-Qur’an ) maka kita akan selamat dunia dan akhirat.

Maha suci Allah yang telah yang telah memberikan petunjuk-Nya agar kita dapat hidup selamat di dunia dan akhirat.
wassalam ; www.mhsim17.blogspot.com

Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Silahkan Tulis komentar di sini :

Terimakasih jika anda berkenan memberikan saran...