Selamat Datang Semoga Bermanfaat...Mhsim17.Blongspot.com

Ayoo Berdo'a

Share |

Do.a Bagian. 1

Segala puji hanya Milik Allah SWT yang Maha Pengampun dan Pemberi Ampun, yang Maha Pengasih dan Tidak Pernah Pilih Kasih, Dialah Sumber dari segala sumber kenikmatan yang nikmatnya tercurah kepada kita semua.

Semoga Allah Mengampuni segala dosa dan kehilafan serta kebodohan hambanya jika dalam tulisan ini ada kekeliruan maupun kekurangannya.

Do’a Do’a adalah permohonan umat kepada Allah SWT yang Maha Besar dan Maha Mencukupi, do’a merupakan ucapan sehari hari yang dipanjatkan umat islam sebagai bentuk komunikasi langsung dan sebagai pengakuan ketidak mampuan manusia sebagai hambaNya. Dengan do’a kita akan merasa dekat kepadaNya .

Orang yang tidak pernah berdo’a adalah sombong dan angkuh, karena merasa dirinya sudah hebat dan mampu berbuat sekehendaknya, padahal pada dasarnya manusia tidak memiliki apapun juga, melaikan semua yang ada hanya milik Allah dan pemberian-Nya.


Perintah ber do’a dalam Al-Quran :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.( Q.S.Al-Baqarah : 186)

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina".( Q,S.Al-Mu.min )

Hadits.

1. Do'a adalah otaknya ( inti nya) ibadah. (HR. Tirmidzi)

2. Do'a adalah senjata seorang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu Ya'la)

3. Barangsiapa tidak (pernah) berdo'a kepada Allah maka Allah murka kepadanya. (HR. Ahmad)


Cara berdoa yang baik

Bagaimana kita berdo’a yang baik ? Berdo’alah dengan rendah hati dan bersungguh sungguh serta dengan keyakinan bahwa do’a kita pasti akan dikabulkan Allah SWT, jangan ada keragu raguan dalam hati, kita harus oftimis dan penuh harapan bahwa do’a kita didengar dan pasti akan dikabulkan.

إِذْ نَادَى رَبَّهُ نِدَاءً خَفِيًّا
yaitu tatkala ia berdo’a kepada Tuhannya dengan suara yang lembut.( QS.Maryam ayat : 3 )

Hadits.

1. Rasulullah bersabda: "Barangsiapa mengucapkan do’a itu dengan penuh keyakinan pada siang hari dan ternyata wafat pada hari itu sebelum senja maka dia tergolong penghuni surga. Barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dengan penuh keyakinan dan wafat sebelum subuh maka dia tergolong penghuni surga pula." (HR. Bukhari)

2. Sesungguhnya Allah Maha Pemalu dan Maha Murah hati. Allah malu bila ada hambaNya yang menengadahkan tangan (memohon kepada-Nya) lalu dibiarkannya kosong dan kecewa. (HR. Al Hakim)

3. Hati manusia adalah kandungan rahasia dan sebagian lebih mampu merahasiakan dari yang lain. Bila kamu mohon sesuatu kepada Allah 'Azza wajalla maka mohonlah dengan penuh keyakinan bahwa do'amu akan terkabul. Allah tidak akan mengabulkan do'a orang yang hatinya lalai dan lengah. (HR. Ahmad)

4. Ambillah kesempatan berdo'a ketika hati sedang lemah-lembut karena itu adalah rahmat. (HR.Ad-Dailami)


Waktu yang utama untuk berdoa

Semua waktu baik untuk berdo’a, namun ada waktu waktu tertentu dimana orang yang berdo’a pada saat itu, do’anya tidak ditolak atau dikabulkan oleh Allah SWT.

1. Pada sepertiga malam

Apabila tersisa sepertiga dari malam hari Allah 'Azza wajalla turun ke langit bumi dan berfirman : "Adakah orang yang berdo'a kepadaKu akan Kukabulkan? Adakah orang yang beristighfar kepada-Ku akan Kuampuni dosa- dosanya? Adakah orang yang mohon rezeki kepada-Ku akan Kuberinya rezeki? Adakah orang yang mohon dibebaskan dari kesulitan yang dialaminya akan Kuatasi kesulitan-kesulitannya?" Yang demikian (berlaku) sampai tiba waktu fajar (subuh). (HR. Ahmad)

2. Selesai shalat

Rasulullah Saw ditanya, "Pada waktu apa do'a (manusia) lebih didengar (oleh Allah)?" Lalu Rasulullah Saw menjawab, "Pada tengah malam dan pada akhir tiap shalat fardhu (sebelum salam)." (Mashabih Assunnah)

3. Diantara azan dan iqomat

Do'a yang diucapkan antara azan dan iqomat tidak ditolak (oleh Allah). (HR. Ahmad)

4. Diantara dua khotbah shalat jum’at

Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah menyebut-nyebut hari Jumat, lalu beliau bersabda, "Pada hari itu terdapat suatu saat yang apabila tepat pada waktu itu seorang muslim berdiri shalat, memohon sesuatu (dalam satu riwayat: kebaikan 6/175) kepada Allah ta'ala, niscaya Allah akan memberinya." Beliau mengisyaratkan dengan tangan beliau menunjukkan sedikitnya kesempatan itu.

Marilah senantiasa kita selalu berdo’a kepada Allah SWT, sebegai bentuk pengakuan ketidak mampuan kita sekaligus pengakuan bahwa Allah Maha Berkuasa atas segala sesuaktunya, Hanya kepada-Nya kita bersandar dan memohon atas segala kekurangan dan kelemahan kita.

Banten. Januari 2011
www.Mhsim17.blogspot.com

Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Silahkan Tulis komentar di sini :

Terimakasih jika anda berkenan memberikan saran...