Selamat Datang Semoga Bermanfaat...Mhsim17.Blongspot.com

Apasih Shodaqoh...?

Share |

Shodakoh : bag.1

Shodaqoh adalah memberikan sesuatu kebaikan berupa barang atau perbuatan kepada orang lain. dengan tujuan menggembirakan atau membantu orang lain yang sangat membutuhkan pertolongan, Dengan demikian shodaqoh maknanya luas mencakup seluruh kebaikan, berupa perkataan atau perbuatan.

Shodaqoh yang kita berikan hendaknya dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Shodaqoh hendaknya dilakukan dengan niat yang ichklas beribadah semata maka karena Allah SWT, Karena Niat adalah dasar segala perbuatan, oleh karena itu setiap perbuatan manusia diterima tidaknya disisi Allah sebatas niatnya, maka barangsiapa mengerjakan suatu pekerjaan niatnya murni karena Allah dan mengharapkan ganjaran akhirat, sedang perbuatannya itu sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, maka amalnya akan diterima oleh Allah.

Bershodaqoh hendaklah dilakukan dengan ichklas tanpak mengharapkan sesuatu imbalan apapun, dipuji tidak merasa bangga tidak dipuji tidak merasa kecewa.

Orang yang bershodaqoh tidak akan berkurang hartannya bahkan Allah akan tambah berlipat ganda dan akan membawa keberkahan untuk di Dunia maupun Akherat.

Shadaqoh yang dikeluarkan dengan tulus dan icklas akan mendapat imbalan disisi Allah dengan nilai yang sangat besar sebagai mana disebutka dalam Al Qur’an dibawah ini…


مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
( QS.Al-Baqarah :261 )

Semua Amal Perbuatan Tergantung Kepada Niatnya

إنما الأعمال بالنيات, وإنما لكل امرئ ما نوى. فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله, ومن كانت هجرته لدنيا يصيبها, أو امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه

”Sesungguhnya segala amal tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan apa yang diniatkannya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya karena Allah dan rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang akan diraihnya atau wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya kepada apa
yang diniatkannya.”

Hadits ;

Barangsiapa niatnya untuk selain Allah atau tidak ikhlas karena Allah seperti dia menyekutukan-Nya dengan makhluk, Memberikan dengan harapan imbalan, ingin dipuji dan sebagainya, maka sedekahnya itu akan sia sia karena akan ditolak dan akan menjadi bencana baginya.

Pamer (Riya) dalam Bersedekah Mengingat Firman Allah, "Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima)", hingga firmannya, "Dan Allah tidak akan memberikan petunjuk bagi orang-orang kafir."


Jenis Shodaqoh

قَوْلٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى وَاللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ
Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari shodaqoh yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.
(Q.S.Al-Baqarah : 263 )

Shodaqoh adalah bagian daripada Ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, shodaqoh ada beberapa macam diantaranya

Dari Abu Hurairah rodhiallohu ‘anhu dia berkata: Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari selagi matahari masih terbit.

1. Zakat yang merupakan shodaqoh wajib,

2. Menyantuni anak Yatim Piatu dan Fakir dan Miskin dll.

3. Nafkah yang dikeluarkan seorang laki-laki untuk keluarganya dengan niat untuk memperoleh suatu pahala dari Allah adalah shadaqoh.

4. Senyummu ke wajah saudaramu adalah shadaqoh. (Mashabih Assunnah)

5. Tiap-tiap amalan makruf (kebajikan) adalah sodaqoh. Sesungguhnya di antara amalan makruf ialah berjumpa kawan dengan wajah ceria (senyum) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu. (HR. Ahmad)

6. Mendamaikan dua orang (yang berselisih) adalah shadaqoh.

7. kata-kata yang baik adalah shadaqoh.

8. setiap langkah kaki yang engkau ayunkan menuju ke masjid adalah Shadaqoh.

9. menyingkirkan aral (rintangan, ranting, paku, kayu, atau sesuatu yang mengganggu) dari jalan juga merupakan shadaqoh. (HR. Bukhari dan Muslim)

10.Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tiga hal yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak (baik laki-laki maupun perempuan) yang mendoakannya. (HR. Muslim)


Apa yang dishodaqohkan

Jika shodaqoh yang kita keluarkan berupa barang, maka barang tersebut hendaklah dari barang atau harta yang baik dari hasil yang halal, Jika berupa makanan hendaklah berikan makanan yang masih baik dan layak dimakan.

Hadits: Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai sekalian manusia! Sesungguhnya Allah adalah Maha Suci, tidak menerima kecuali sesuatu yang baik/suci, dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang yang beriman dengan perintah yang sama terhadap para utusanNya (Rasul-RasulNya). Dia berfirman : ' Hai Rasul-Rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih . Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan'

Sekelumit tulisan ini, hamba Allah Mengajak, marilah kita tingkatkan amal ibadah kita dengan cara bershodaqoh agar senantiasaa apa yang telah kita miliki akan mendapat keridhaan_NYa sehingga harta benda kita penuh keberkahan.

Banten , Januari 2011
www.mhsim17.blogspot.com

Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Silahkan Tulis komentar di sini :

Terimakasih jika anda berkenan memberikan saran...