Selamat Datang Semoga Bermanfaat...Mhsim17.Blongspot.com

Melaksanakan Puasa wajib Ramadhan

Share |

Puasa pada bulan Ramadhan diwajibkan hanya untuk orang yang beriman yang baligh berakal dan mampu melaksanakannya. sebagai mana perintah puasa dalam surat Al Baqarah ayat 183 “ Hai orang-orang yang beriman “ Allah tidak mengatakan “Hai manusia………Hai umat islam……….Karena Allah maha mengetahui tidak semua manusia yang ada dimuka bumi ini umat islam, dan tidak semua umat islam mau melaksanakan puasa, kecuali orang-orang yang beriman.

Ibadah puasa merupakan salah satu sarana yang amat penting untuk mencapai derajat taqwa, dan salah satu penyebab untuk mendapatkan ampunan Allah atas dosa dan kesalahan yang selama ini diperbuat oleh manusia secara sengaja maupun tidak.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas 
orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al Baqarah: 183 )

Puasa ialah menahan diri dari makan, minum dan bersenggama dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Sebagai mana firman Allah :

dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar ( Al-Baqarah : 187 )

وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
“Dan kalau kalian puasa, itu lebih baik bagi kalian kalau kalian mengetahuinya" [Al-Baqarah : 184].


َعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا, غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:"Barangsiapa melakukan ibadah Ramadhan karena iman dan mengharap ridlo'Nya, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lewat." (Muttafaq Alaihi).

Ibarat musim panen bagi petani, ramadhan adalah panen pahala bagi umat islam yang beriman yang dapat meraih panen pahala dengan cara melaksanakan ibadah puasa wajib dalam bulan ramadhan dan ibadah ibadah sunah.

Panen bagi umat islam yang mau mengambila kesempatan yang Allah sediakan dengan nilai yang berlipat ganda , ibadah pada bulan ramadhan yang sunnah Allah beri pahalah wajib sedangkan yang Wajib Allah lpat gandakan..

Mari kita laksanakan kesempatan yang Allah berikan, karena kita tidak mengetahui sampaikau usia kita sampai ramadhan yang akan dating.
wassalam ; www.mhsim17.blogspot.com

Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Silahkan Tulis komentar di sini :

Terimakasih jika anda berkenan memberikan saran...