Selamat Datang Semoga Bermanfaat...Mhsim17.Blongspot.com

Kewajiban Seorang Istri

Share |

Semua wanita tentunya mengingingkan keluarganya harmonis penuh dengan kedamaian, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan saling pengertian dan kejujuran didalam membina rumah tangga, dan yang amat penting harus mengetahui dan menjalankan hak dan kewajiban sebagai suami istri.

Seorang wanita yang sanggup menjaga dirinya dan kehormatanya serta memenuhi kewajibanya sebagai seorang istri senantiasa akan dapat membina keharmonisan rumah tangganya.

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ
Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada 9 QS. An Nisaa’ ayat ; 34 )


Adapun kewajiban seorang istri adalah:

1. Patuh dan taat pada perintah suaminya yang tidak bertentangan dengan agama.

Tidak dibenarkan manusia sujud kepada manusia, dan kalau dibenarkan manusia sujud kepada manusia, aku akan memerintahkan wanita sujud kepada suaminya karena besarnya jasa (hak) suami terhadap isterinya. (HR. Ahmad)

2. Melayani suaminya ditempat tidur.

Apabila suami mengajak isterinya (bersenggama) lalu isterinya menolak melayaninya dan suami sepanjang malam jengkel maka (isteri) dilaknat malaikat sampai pagi. (Mutafaq'alaih)


3. Tidak keluar rumah tanpa seizing suami.

Hak suami atas isteri ialah tidak menjauhi tempat tidur suami dan memperlakukannya dengan benar dan jujur, mentaati perintahnya dan tidak ke luar (meninggalkan) rumah kecuali dengan ijin suaminya, tidak memasukkan ke rumahnya orang-orang yang tidak disukai suaminya. (HR. Ath-Thabrani)


4. Menjaga harta benda bila suami tidak ada di rumah

Tidak dibenarkan seorang wanita memberikan kepada orang lain dari harta suaminya kecuali dengan ijin suaminya. (HR. Ahmad)

5. Mengurus keluarga dan rumah tangganya.

Isteri yang paling besar berkahnya ialah yang paling ringan tanggungannya. (HR. Ahmad dan Al Hakim)


6. Mensyukuri segalaa apa yang telah diberikan suami

Allah Swt kelak tidak akan memandang (memperhatikan) seorang wanita yang tidak bersyukur kepada suaminya meskipun selamanya dia membutuhkan suaminya.


7. Jangan menerima tamu laki laki takala suami tidak ada di rumah

Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan perempuan (bukan mahram) karena yang ketiganya adalah syetan. (HR. Abu Dawud)

Demikianlah semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari apa yang telah Allah Firmankan dan yang tersirat dalam Hadits Nami Muhammad SAW, dan semoga keberkahan dapat kita raih.

Banten Januari 2011
www.mhsim17.blogspot.com

Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Silahkan Tulis komentar di sini :

Terimakasih jika anda berkenan memberikan saran...