Selamat Datang Semoga Bermanfaat...Mhsim17.Blongspot.com

Buat apa Bershodaqoh

Share |

Shodaqoh bag:3


Muslimin dan Muslimah yang berbahagia.

"BUAT APA BERSHADAQOH"Manusia lahir kemuka bumi ini dalam keadaan telanjang tanpa sehelai benangpun, jadi pada dasaarnya manusia tidak memiliki apapun juga di alam Dunia.

Jika saat ini mereka berlimpah harta dan kekayaan, itu adalah nikmat yang sangat berharga yang harus kita syukuri, dan itu adalah semata mata hanyalah titipan atau amanah.

Amanah harus kita jaga dan dilaksanakan dengan yang sebaik baiknya, karena setiap orang yang diberikan amanah akan dimintakan pertanggungan jawabanya oleh yang memberikan amanah yaitu Allah SWT sebagai mana firman-Nya dalam Al Qur’an :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.( Al-Anfaal ayat : 27 )

Harta benda yang kita miliki saat ini adalah amanah yang harus kita syukuri dengan cara meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah dan harus dikeluarkan Zakat, dan shodaqohnya, kerena didalamnya ada harta Anak Yatim dan Fakir miskin, yaitu dua setengah persenya yang harus kita keluarkan.


وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
Dan belanjakanlah ( harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. ( Al-Baqarah ayat : 195)


Tentunya harta tersebut dari sumber yang halal dan dibelanja kepada yang Halal. Bukan harta yang halal tapi dipergunakan untuk yang Haram, apalagi Harta yang diperoleh dengan cara yang Haram.

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلالا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah Nikmat Allah jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.( An Nahl ayat : 114)

Dengan mensyukuri nikmat tersebut, maka Allah akan menambah nikmat tersebut sehingga apa yang telah kita usahakan selama ini akan membawa kita keselamatan didunia maupun akherat.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا
Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.( QS.At-Thalaq: ayat 3 )

Bila tidak..?
Ingat azab yang akan menimpa, lihatlah banyak sudah disekitar kita orang yang berharta dank arena hartanya tersebut anaknya terlibat kasus narkoba, perjudia yang akhirnya masuk penjara dan mempermalukan keluarga. Lihat pula banyak sudah yang keluarga dan rumah tangganya berantakan karena harta,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.
( QS.Ibrahim ayat : 7 )

Azab yang mungkin kita tidak sadari, Allah angkan keberkahan dari harta benda tersebut, sehingga berapapun banyaknya, apapun yang ia usahakan selama ini, selalu saja merasa kekurangan, hidupnya tidak ada ketentraman dan kedamaian, yang ada hanya kecemasan dan rasa was was.

Banten. Januari 2011
www.mhsim17.blogspot,com

Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Silahkan Tulis komentar di sini :

Terimakasih jika anda berkenan memberikan saran...